Social Icons

Kamis, 30 April 2015

Perilaku Ramah Lingkungan

Oleh: Bpk Sutarto, Ketua Kasehi

Ya, saya sangat ingin berperilaku ramah lingkungan, ingin berpatisipasi menyelamatkan bumi dari perubahan iklim. Tetapi saya bingung bagaimana memulainya. Mungkin hal tersebut ada dibenak anda semua. Berikut ini beberapa hal yang dapat sebagai inspirasi untuk anda memulai langkah pertama berperilaku go green.


Jangan Nyampah. Pesan ini sangat jelas. Bencana alam yang sangat khas, yang tiap tahun mendera kita, adalah banjir. Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan kita yang membuang sampah sembarangan. Jadi, buanglah sampah pada tempatnya.




Live Simple. Semakin kita membuat rumit segala urusan, pastilah diperlukan energi yang lebih banyak, bahan baku yang lebih besar, tempat yang lebih luas. Sederhanakan segala urusan. Menggunakan kendaraan yang bermesin besar tentunya cenderung boros BBM, misalnya.





 Stand Up Take Action. Bertindaklah untuk mulai menyelamatkan lingkungan, Jangan sekedar berteori.  Care for eath, Care for other


Go Green.
      
      Paperless. Masih terima tagihan kartu kredit dengan surat yang dikirim ke rumah? Anda belum paperless! 






SSave Water – Take shorter Shower, Water your garden early in the morning, turn off the water while brushing your teeth, wash your dishes and laundry in bulk instead of doing half loads.
   
  Try Composting. Pisahkan sampah organik dengan yang anorganik. Jadikan sampah organik menjadi kompos. Kompos merupakan pupuk yang ramah lingkungan.



   Go Green On the go. Rawatlah kendaraan anda secara berkala untuk menghemat BBM dan menurunkan emisi karbon, gunakan sepeda , naiklah kendaraan umum atau nebeng teman untuk pergi pulang kerja.

     Recycle glass jar. Tinggalkan gelas plastik, gunakan gelas untuk minum.

2.       Use rechargeable batteries. Baterai yang bisa dicas ulang akan mengurangi sampah besi/metal.

3.       Recycle your news papers. Pakailah kertas koran untuk kebutuhan sehari-hari, misalnya, mengelap kaca… atau sebagai bahan kerja daur ulang.

     Save Energy: cabut aliran listrik gawai dan peralatan listrik yang tidak terpakai untuk menghemat energi dan uang, matikan peralatan  listrik jangan hanya setel sebagai standby, ganti mesin cuci dengan model hybrid yang hemat energy,  matikan lampu ketika kamar tidak digunakan.






    Use LED. ganti seluruh lampu dengan lampu LED untuk menghemat tagihan listrik. LED jauh lebih hemat energi, lebih dingin dan lebih awet/ tahan lama. Sehingga dalam jangkan panjang penggunaannya lebih hemat uang.



2.     Plan a tree. Ini sudah sangat jelas. Akar pohon akan menahan air permukaan sebagai cadangan air tanah dan daunnya akan memproduksi oksigen untuk kita.

3.       Shop with a reusable bag. Plastik belanjaan biasanya sangat lama untuk dapat didaur ulang menjadi tanah. Penggunaan tas dari rumah akan mengurangi pencemaran tanah dan menggunungnya sampah plastic.

4.       Hang dry your clothes. Mesin cuci yang bisa langsung mengeringkan pakaian memang terasa praktis, tetapi tidak hemat energy. Jadi jemurlah pakaian selagi basah atau setidaknya setengah kering.

5.       Collect rainwater. Air hujan jangan biarkan mengalir  ke sungai dengan mubatzir. Buat penampungan air hujan untuk kebutuhan penyiraman tanaman dan semacamnya.

Salam Go Green!!!!












0 komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text