Social Icons

Sabtu, 25 April 2015

Mari bersama-sama GO GREEN!!!

Oleh: Bpk. Sutarto, Ketua Kasehi

Sesungguhnya lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini hanyalah titipan yang harus dirawat dan dilestarikan untuk generasi sesudah kita nanti. Untuk itu dalam rangka melestarikan lingkungan, kita bisa mulai dari lingkup yang paling kecil yaitu keluarga kita, Kampungku Sejahtera Hijau (KASEHI), dibentuk sebagai sarana untuk saling menguatkan antar keluarga dilingkungan Komplek Sejahtera kita ini,

Sejak diresmikan pada tanggal 17 Januari 2015, di Komplek Sejahtera, Jatiwaringin Bekasi, Jawa Barat, dengan pemotongan tumpeng oleh Pak Herland Madya Putra (Bapak Ketua RT kita), seperti gambar di atas, KASEHI telah melakukan banyak sekali kegiatan. Mulai dari pelatihan yang berbentuk klasikal, praktek langsung di rumah masing-masing maupun yang dilakukan bersama-sama. Berikut ini sekelumit yang Program telah kita dilakukan:

3R- Reduce, Reuse, Recycle




Dimulai dari Recycle, kita mulai mendaur ulang dengan memisahkan sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik dijadikam kompos, yang nantinya untuk media tanam hidroponik, sedangkan sampai anorganik, misalnya plastik kemasan, bisa digunakan sebagai bahan kerajinan (Reused). Reduce dengan mengurangi penggunaan listrik atau sumber daya lainnya.

  • 24 Jan 2015Di rumah Kasehi. Pelatihan pembibitan dan penanaman caisim, kangkung dll, pembagian bibit tanaman ke warga Kasehi.
  • 31 Jan 2015: Di kebun Bu Muji Handoyo. Praktik pembuatan kompos dengan menggunakan bio bakteri yang dapat mempercepat proses pembusukan.
  • 14 Feb 2015: Di rumah Kasehi, Pelatihan pembuatan pupuk organic dan pestisida organik.
  • 07 Mar 2015: Di rumah Pak RT dan jl. Sejahtera 3,Praktik Vertical Garden

PROGRAM KERJA KE DEPAN :
Ø Lanjutan Pembuatan Vertikal Garden
Ø Pembuatan Pergola Hijau di pintu Masuk Komplek.

Ø Pembuatan Sumur Resapan
Ø Lomba lingkungan sehat antar warga KASEHI



0 komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text